Macam-Macam Bahan Kimia Dalam Membuat PCB

Tutorial kali ini adalah tentang Macam-macam Bahan Kimia Untuk Memproduksi PCB, Kimia yang indah untuk membuat PCB yang dibuat semakin rapi, putih, cepat dan mudah dibersihkan. Terdapat sejumlah pilihan kimia bagus sebagai pelarut level tembaga bagi proses jual bahan kimia penggarapan PCB. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ferric Chloric Atau FeCl3

Bahan kimia yang paling terkadang dipergunakan diartikan sebagai jenis FeCl3. Ferric Chloric dijual untuk bentuk larutan maupun paham bongkahan. Tapi, yang semakin mudah ditemui merupakan species bongkahan. Umumnya bahan itu dapat terlihat di toko kimia.

Bagi mencampurkan bongkahan tersebut sepatutnya menggunakan material pengaman. Campuran air menggunakan bahan kimia tersebut akan menimbulkan panas & gas. Utk pengaman, sepatutnya menggunakan busana tangan dan masker di dalam pencampuran pertama kali.



Selain tersebut, FeCl3 pun sangat korosif, sehingga harus menggunakan saluran yang dibuat dari bahan plastik. Jangan jajal menggunakan material dari senar karena mau segera bocor dalam pada waktu waktu kurang lebih menit. Kecuali itu, penerapan logam pun akan merusak kemampuan tirta tersebut utk melarutkan tembaga.

Hidrogen Peroksida

Cairan itu merupakan minuman yang banyak dipergunakan oleh industri PCB yang berproduksi secara komersial. Dalam penggunaanya, cairan kimia tersebut umumnya dicampurkan secara cuka & garam sederajat katalisnya. Tetap berhati-hati detik menangani bahan-bahan kimia berbahaya.

Cupric Chloride

Jenis kimia ityu merupakan rupa asam kuat yang sangat bagus bagi melarutkan PCB. Namun halus saat menggaplok HCL sebab merupakan kecut keras yang sangat kritis. Campuran yang umum dipergunakan adalah HCL + H2O2 dengan pedoman 1: 2.

Hasil yang diberikan ternyata jauh kian cepat dan baik dipadankan dengan FeCl3 atau Ferric Chloric. Apa pun bahan kimia pelarut untuk metode membuat PCB atau Eching PCB, sepatutnya selalu dikerjakan diruang tersibak. Hal berikut karena udara yang didapatkan sangat meniadakan pernafasan.

Bilaslah PCB yang sudah jadi dengan air mengalir sampai bersih dan cucilah merosot dengan menggunakan air sabun batangan dan campuran cuka utk menghasilkan segi PCB yang bening. Selamat mencoba.

Write a comment

Comments: 0