Wisata Kuliner Santapan Utama Bali

Pulau dewata Bali tdk hanya besar akan kemuliaan alam dan wisata pantai nya pula. Di lain sisi persembahan tradisional tertentu Bali juga menjadi gandaan pelengkap yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Yuk segera member mulai wisata kuliner persembahan khas Bali:

Ayam Betutu, walaupun lebih sering dikenal dengan dan biasa sebagai Ayam Betutu, sedianya makanan terbatas Bali ini bisa pun dibuat atas Bebek. Terbuat dari Mandung atau Meliwis utuh yang diisi secara rupa bagai bumbu rempah yang memperkaya rasa & aroma nya. Selain dimanfaatkan sebagai sajian dalam daftar keagamaan, ayam betutu juga sering digunakan dalam kalender adat. Satu diantara tempat pencetus ayam betutu yang kesohor adalah zona Melinggih yang terletak yang kabupaten Gianyar, Bali.



Babi Guling, dibuat dari anak babi yang pada bagian perutnya diisi beserta bumbu dan sayuran, setelah itu dipanggang mencapai berbatas matang beserta cara diputar diatas kebakaran atau kobaran. Makanan terbatas Bali ini pada mulanya hanya disajikan pada upacara keagamaan serta upacara etiket saja, namun seiring saat banyak bermunculan resto serta warung mencopet yang menyediakan Babi Guling ini. Gak kurang ada 6 warung makan yang terkenal beserta sajian Babi Guling nya yaitu: Babi Guling Mama Oka di Tegal induk Ubud, Babi Guling Kamar di Teuku Umar, Babi Guling Kemas Dobil dalam Nusa Dua, Babi Kalang Pak Malen di Seminyak, Babi Landasan Penatih dan Babi Guling Wira Bhuana Luk Tokek di Badung.

Srombotan, persembahan khas Bali yang dipopulerkan oleh Bondan Winarno ini terbuat dari daun buah botor muda alias paku, toge, kobis yang dimasak terlentok matang & dibumbui beserta kalas. Lingkap yang yakni ciri khas mulai Srombotan didefinisikan sebagai santan yang dibumbui menggunakan rempah kunyit, lengkuas, berambang merah, berambang putih, ketumbar dan ingusan, dan dimasak hingga susur. Disajikan rapi dengan kacang goreng dan nasi yang bercampur dengan ubi merewak. Beberapa resto terkemuka menunjuk Srombotan sederajat menu tertinggi, tidak parak popularitas nya sebagai target khas Bali terkenal sampai ke globe internasional.

Sate susu, adalah makanan utama Bali yang muncul cuma pada hari Ramadan. Yaitu makanan spesifik hasil perpaduan budaya Bali dan Jawa. Dapat dijumpai di pasar magrib Ramadan tatkala sekitar kampung jawa.



Lawar, merupakan hidangan makanan Bali yang dibuat dari daging mengernai, sayur mayur, bumbu, parutan kelapa dan seringkali ditambahkan darah daripada daging mengiris-iris nya. Terhenti dari bakal bahan yang kuliner khas bali digunakan, secara spesifik lawar terdiri dr beberapa macam seperti lawar babi, lawar nangka, lawar merah, lawar putih, lawar padamare.

Nasi Jenggo, sekilas makanan khas Bali tersebut nampak seperti nasi meong yang sering kita jumpai di ruang jawa pusat. Nasi jenggo disajikan beserta lauk campuran berupa mie goreng, sambal, serundeng serta ayam ketus yang disuwir dan penyajiannya dibungkus beserta daun pisang. Porsinya imut dan harganya murah, umumnya penjualnya juga melengkapi menggunakan hidangan tambahan seperti terbuka, telur serta tempe.

Jaja Bali, adalah makanan konvensional Bali berupa kue makanan kecil basah serupa jajanan rekan. Antara lainnya Laklak, Kelepon dan Bulungan yang mempunyai rasa pantas berasal dari gula nyiur.

Rujak kuah pindang, seperti layaknya rujak dalam seantero nusantara berisikan sobekan potongan impak segar laksana bengkuang, pepaya, kedondong, belimbing dan mentimun. Yang membedakan dan jadi ciri khasnya adalah kuah pindangnya yang terbuat dari ikan, cabai, gusar, terasi serta bumbu tunggang lainnya yang dilumatkan sampai halus & dicampur beserta kaldu ikan.

Write a comment

Comments: 0