Tip Efektif Menulis Biografi

Pra menulis riwayat hidup, baca kaum informasi halus-halus berikut ini.

Jenis-Jenis Buku

Buku apa yang akan Kau tulis? Penuh jenis buku yang bisa Anda tulis. Ada buku fiksi serta buku non fiksi. Buku fiksi contohnya cerita budak, novel, kumpulan puisi & kumpulan kaul pendek. Buku non fiksi misalnya biografi, kumpulan rasa atau dampak penelitian. Nah, pilih ahad saja.

Kenapa Harus Buku

Temukan tanda, mengapa Kamu harus menciptakan buku. Soalnya ingin merekam ide-ide seseorang yang segar? Ingin menderma pengalaman menurut orang lain? Atau soalnya ingin mengarang hadiah spesial untuk orang2 di sekitar Anda?

Gimana Caranya

Sehabis memilih macam buku yang akan ditulis, langkah selanjutnya adalah mengabsahkan siapa yang akan memerankan tokoh, siapa yang mau menjadi target pembaca dan siapa menulis naskah, siapa yang jadi editor, siapa yang mewujudkan foto, siapa yang menciptakan grafis, sapa yang memproduksi penataan pekarangan atau lay out & siapa yang mencetak buku.

Teknik Menoreh Biografi

Tata acara Menulis

Sembilan puluh sembilan persen orang-orang mengaku kesulitan menulis riwayat hidup. Sebenarnya tidak demikian. Yang sulit hanya memulainya sekadar. Bila putaran tersulit telah dilalui, tahap selanjutnya bakal mengalir seorang diri.

Biografi didefinisikan sebagai kisah ataupun catatan pengembaraan seorang tokoh. Karena merupakan catatan petualangan, biografi dibagi menjadi 3 bagian besar: kisah sekiranya lalu, tambo masa kini dan cita-cita masa depan.

Kau bebas menyeleksi alur biografi.

Alur Biodata Artis baru diawali dengan kisah sekiranya lalu disambung masa kini dan diakhiri beserta cita-cita.

Alur kedua dimulai dari cita-cita disambung skandal masa kini dan diakhir tambo masa lalu.

Alur ke-3 dimulai mulai cita-cita disambung kisah sekiranya lalu dan diakhiri siaran masa kini.

Isi Biografi



Tiada biografi yang bisa mencipta seluruh perjalanan tokoh beserta sempurna. Umumnya hanya yang dinilai diperlukan, menarik dan memberi pendapat saja. Malahan kalau total halaman bukunya terbatas dan buku itu berisi perundingan biografi kaum tokoh sekaligus.

Tokoh Biografi

Saat ini Kamu sudah mendiamkan membuat biografi. Berarti Dikau akan menoreh kisah pengembaraan hidup seseorang tokoh. Siapakah tokoh hal itu? Siapa sekadar boleh sebagai tokoh. Dikau boleh menokohkan anak, istri, suami, permulaan, ayah serta orang-orang spesial di lebih kurang Anda.

Seperti Penulisan Riwayat hidup

Kebanyakan manusia lebih mudah diminta bercerita secara suara, tetapi sukar ketika disuruh menuliskan ceritanya. Untuk menangani kesulitan tersebut, buatlah riwayat hidup dengan model penulisan berucap. Apa yang akan Kamu ceritakan mengacu pada lisan, itulah yang mesti Anda tuliskan. Orang yang belum lazim menulis pun bisa menghasilkan artikel jenjang dengan model bertutur.

Selaku bertutur semakin menarik. Kian hidup. Semakin natural. Luar biasa dengan secara reportase yang sifatnya menceritakan kembali. Gaya reportase tenang emosional. Luka khas. Pereka amatir ataupun pemula umumnya mengalami tragedi ketika mesti membuat ayat kisah seseorang dengan indah, bila mempergunakan gaya reportase.

Rekam Setelah itu Tulis

Terselip cara pragmatis untuk menyalut dengan selaku bertutur. Siapkan alat perekam. Bisa pun tape recorder. Sekarang yang lebih praktis menggunakan internet digital recorder. Banyak perangkat perekam suara internet online yang dijual di murahan dengan martabat terjangkau. Sanggup juga perekaman menggunakan handphone.

Hidupkan perlengkapan perekam, dan kemudian mulailah mengarang. Anggap selalu, Anda lumayan ngerumpi dengan teman / tetangga bagian rumah. Sehabis itu, pindahkan rekaman sebagai tulisan dengan mengetikkan sebagaimana aslinya.

Write a comment

Comments: 1