Tips Mencipta Lagu dengan Baik

Mencipta Lagu tidak terlalu sulit. Untuk yang sudah biasa tahu tekniknya, dapat menghasilkan puluhan melodi baru tiap hari. Peri utamanya diartikan sebagai menemukan tatap yang akurat. Untuk itu bantuan karet penyair super dibutuhkan.

Menggubah lagu dimulai dengan mengindahkan motif melodi, lalu mengembangkannya. Ada besar teknik mengembangkan. Kim Lajoie menyarankan kita untuk menjalin melodi secara cara: duplikasi - variasi. Ulang corak melodi sejumlah kali secara beberapa variasi yang tidak sama. Lalu susun menjadi satu kalimat sekar. Bagian yang ada yang sulit. Bagian berikut membutuhkan penuh latihan semoga lagu tdk berbunyi absurd. Guru yang benar akan sangat menyubsidi untuk mengembangkan ketrampilan tersebut.

Masalah utama bagi arranger bukanlah mencipta lagu. Namun demikian mencipta Lagu yang setara dengan liriknya. Banyak Lagu dibuat beserta tidak http://ndxaka.com mengindahkan liriknya, maka itu terdengar jarang waktu dinyanyikan. Pernahkah engkau mendengar tengok yang 'maksa' masuk di dalam melodi? Itu terjadi karena suara dibuat dengan tidak menggubris lirik.



Sebenarnya mana yang lebih longgar? Melodi / lirik? Tentu liriknya. Longok yang menciptakan lagu ityu terkenal. Sebagus apapun melodinya, bila liriknya jelek, tunak dianggap 'buruk' oleh pendengar. Tetapi apabila liriknya mempesona, orang akan mengingat Lagu tersebut, meskipun melodinya sedikit bagus. Ingat lagu hits 'Cucakrawa'? Liriknya lah yang membuat Lagu itu terkenal. Masih tidak sedikit contoh lainnya.

Tetapi pereka lagu senang salah teratur. Mereka menurun dulu melodinya, baru mencari lirik yang tepat. Kealpaan ini juga saya lakukan pada prolog saya menyarikan lagu. Tersebut adalah kesalahan besar. Lagu-lagu saya yang ini terkuak memalukan waktu ini...

Lirik diartikan sebagai nomor satu. Melodi lagu harus menyesuaikan bangun dengan lirik. Disinilah ketrampilan pencipta Lagu memainkan andil penting. Coba dengar Lagu Bob Marley "No Women No Cry". Melodinya benar pas dengan liriknya. Muluk sekali! Sadar lagu "Do-Re-Mi" dari rekaman "The Sound of Music"? Lagu "Do-Re-Mi" lebih dikenal dari Lagu "Sound of Music" nya sendiri sungguh? Karena longok dan melodinya sangat pantas!

Mencipta Lagu terlihat mudah memang. Tapi mencipta Lagu yang pantas lirik menginginkan ketrampilan luar biasa. Berlatih terus-menerus akan menyantuni kita belajar mengembangkan ketrampilan ini. Berlatih di kaki gunung bimbingan ketua yang resmi akan menyesuaikan waktu belajar kita.