Tips Beli Mobil bagi Pemula

Kira-kira 10 taun yang lalu, memiliki mobil sedang menjadi serupa yang kental mustahil dalam jadi fakta. Sebagai seorang mahasiswa yang harus pikulan untuk menerima kebutuhan tampak dan membayar kuliah, menggunakan gaji 800 ribu dari bulan, merebut mobil tentunya bakal menginginkan waktu berpuluh-puluh tahun dalam menabung. Atau, kalau rencana jual ginjal, ya barangkali bisa terwujud dalam saat lebih singkat.

Tapi hamba adalah tipe pemimpi yang pantang menyerah. Gue bikin Dream-note atau tinjauan berisi impian-impian yang pengin gue hadirkan. Selain ditulis, gue pun selalu meribakan dan mengimplikasikan rasanya bahwa mimpi-mimpi ini jadi bukti. Kalo gue belum mampu memiliki mobil itu, setidaknya gue sosok bertindak serasa udah punya mobil, walaupun gue sedang naik pengambil inisiatif.



Jadi, ketika gue turun motor gue (matic), setiap ngegas motornya, gue gerakin kaki hamba seolah-olah padahal nginjek gas dan kopling. Hal tersebut gue lakuin setiap hamba naik motor. Gue saja percaya, Tuhan akan menurunkan sesuatu yang memang sedang untuk hamba-NYA. Nah, secara bertindak seakan-akan gue layak untuk menyigai mobil, hamba mau Tuhan akan menganjurkan gue mobil beneran.

Setengah 6 tahun berselang, gue ternyata bisa mewujudkan maksud gue bagi beli mobil. Nggak.. Hamba nggak ngejual ginjal. Namun demikian gue udah bisa menjadi penulis. Pada pendapatan sejajar seorang pereka yang otentik seadanya pun, gue pun promo honda brio semarang bisa menunang mobil. Tak mobil trendi, dan juga bukan mobil tipe terbaru.

Yang hamba beli zaman itu merupakan mobil Honda Genio tahun 1995. Sungguh, usianya kental sama tuanya dengan hamba. Kenapa hamba milih mobil itu? Kecuali harganya lebih terjangkau, pun karena waktu gue kuntet, almarhum kakek gue kalo lagi bertambah bus bareng gue terus-menerus bilang,

Nah, ngomongin soal beli mobil nih. Hamba mau ngasih pesan lawan kalian bahwa kalo belanja mobil, kalian harus bener-bener jeli. Lagi pula kalo mobil 2nd hand. Jangan mencapai berbatas kejadian pilau gue menyesak ke kalian juga. Berikut tip-tip yang bisa kalian ikutin:

Kenali Sejarahnya

Kalo mau borong mobil, pastiin lo selidiki dulu ilmu sejarah tuh mobil. Gimana pencedok sebelumnya merawatnya. Apakah servisnya teratur? Apakah udah relasi dipake buat nabrak sapi? Lo mesti jeli urusan yang satu ini. Karena itu bakal berdampak saat kualitas mobil itu saat lo pake nanti.

Kontrol Kelengkapannya

Order mobil tersebut hampir kolektif kayak order gadget. Kudu kelengkapan surat-surat yang mau mempermudah merampungkan apapun pun. Kalo gadget paling zakar surat garansi. Kalo mobil, perlu surat-surat legal bagi mempermudah seluruh keperluan yang kepolisian. Nah, pas cari, jangan datang lupa buat mastiin tuh surat-surat nyata dan tidak bermasalah.

Pemastian Kendaraan

Yah, namanya orang mau belanja barang, ya wajib dong memeriksa ihwal barangnya. Lagi pula mobil, yang berhubungan menggunakan kegiatan sehari-hari. Kita tetap banget menguji kondisi mobilnya, demi lancarnya kegiatan sehari-hari. Jangan sampai keselamatan lo terancam terus-menerus gara-gara tuh mobil ternyata rodanya semuanya tiga.

Borong di dealer terpercaya

Menunang mobil di tempat yang bisa dipercaya, pastinya menjadi satu sesuatu yang tetap. Jangan hingga, habis mengulak, terus putus harapan dan si dealer angkat tangan atau pergi. Dengan membeli mobil yang tempat yang bisa dipercaya, rasa tenteram dan tenteram akan kita dapatkan apalagi setelah menunang mobilnya.