Cara & Syarat Perpanjangan STNK Tahunan

Surah Tanda Nomor Kendaraan adalah surat ritualistis yang dikeluarkan samsat tempatan sebagai stigma kendaraan bermotor baik jentera dua atau roda 4. Tanpa mengangkat surat itu, anda tentu akan langsung tilang soalnya dianggap melarikan kendaraan orang lain walaupun anda sudah biasa memiliki Surat Izin Mengemudi. Jadi STNK dan SIM sama-sama berarti saat berkendara di titian.



Masa halal STNK dalam indonesia adalah lima tahun. Namun pada setiap tahunnya kita diwajibkan meruncit pajak tahunan yang besarnya sudah ditentukan sesuai jenis kendaraan dalam samsat setempat. Inilah yang dimaksud secara perpanjangan STNK. Sedangkan yang lima tahunan biasanya dikenal sebagai dengan tiru plat nomor karena mode perpanjangan STNK selalu disertai dengan pergantian plat publikasi kendaraan.

Prosedur/ mekanisme reksa perpanjangan STNK tahunan, berikut caranya:

Visibel ke SAMSAT, langsung tuju loket. Jika ada yang panggil-panggil biarin saja lazimnya pemanggil tersebut calo (walaupun dia berpakaian PNS).

Di loket lazimnya tercantum tuntutan dan cara pengurusan bayar pajak tahunan motor/ mobil ini (ditempel di dinding).

Di loket petugas hendak memberikan formulir permohonan ekstensi STNK serta BPKB, pati formulir sesuai dengan petunjuk yang tertera Jadwal SAMSAT Keliling di STNK dan BPKB.

Serahkan Surat isian yang telah diisi kepada instansi loket lalu lampirannya (syarat perpanjangan STNK tahunan). Biasny ada loket khusus penyerahan berkas tersebut.

Tunggu hingga nama dipanggil petugas.

Kita akan diserahi slip pembayaran pajak medium tahunan.

Borong pajak ini ke kasir sesuai beserta yang tertera di slip pembayaran (jangan dilebihkan/ tidak ada uang tiru kasih atau bla.. bla.. titik)

Stelah membayar petugas keuangan akan mempersembahkan bukti pembayaran (tanda lunas) pajak perantara, sebagai syarat pengambilan STNK.



Serahkan masukan pembayaran mereka ke loket pengambilan STNK dan tunggu hingga identitas dipanggil.

Sebenarnya ada cara yang kian simpel atas cara tersebut, yakni urus perpanjang STNK tahunan di mobil SAMSAT keliling. Serta masih terselip yang lebih simpel lagi, ya pasti lah bayarnya lebih mahal dari diurus swasembada. Sebaiknya hindari percaloan budayakan tertib & jauh atas korupsi.

Dalam mengurus pajak STNK 5 tahunan (ganti plat) caranya sama sekadar, hanya saja disini ada prosedur tambahan yakni cek rangka kendaraan serta pengambilan piringan baru. Mudah-mudahan cukup jelas dan urusannya lancar gak berbelit-belit.